Thursday, July 5, 2018

Hendak Solo Traveling Anda Tetap Aman ? Coba 5 Trik Ini




Jakarta-Traveling memang menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan. Namun, apa jadinya jika niat pergi untuk bersenang-senang malah berakhir dengan nasib buruk?
Ya, nasib sial memang bisa terjadi kapan saja, di mana saja, dan dialami siapa saja. Seperti kasus yang baru saja terjadi, seorang turis asal Prancis yang diperkosa saat berlibur di Labuan Bajo. Kejadian tersebut pastinya membuat banyak wisatawan khawatir, terutama wisatawan wanita. Namun, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan agar perjalananmu lebih aman.
Ada lima tips agar liburan anda tetap aman meskipun bepergian sendirian. Apa saja?
Simpan Nomor Penting
 Hal pertama yang wajib anda lakukan adalah menyimpan nomor-nomor penting. Misalnya saja perangkat desa setempat, kantor polisi terdekat, hingga pusat kesehatan.
Anda bisa coba berkenalan dengan perangkat desa setempat, kemudian meminta nomor ponselnya. Cari tahu juga nomor pusat kesehatan setempat, bila terjadi hal-hal di luar dugaan dan butuh penanganan anda bisa segera menghubunginya.
Tapi yang terpenting kamu harus menyimpan nommor polisi di sekitar daerah yang akan anda tuju. Ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, anda bisa langsung menelfon dan meminta bantuan.
Jangan Berpenampilan yang Menarik Perhatian
 Kedua, jangan berpenampilan yang dapat menarik perhatian orang lain. Ketika penampilan anda mampu menarik perhatian, itu akan mengundang orang lain untuk melakukan tindak kejahatan.
Ada baiknya jangan menggunakan perhiasan yang berlebihan, serta tidak memakai pakaian yang mencolok dan terbuka. Anda juga bisa menyertakan scarft atau syal, yang bisa digunakan untuk menutupi bagian tubuh yang terbuka.
Jangan lupa untuk memakai alas kaki yang nyaman. Selain memudahkan aktivitas, alas kaki yang nyaman juga akan meminimalisir cedera pada kaki.
Bawa Survival Kit
 Survival kit menjadi barang yang wajib dibawa. Anda bisa membeli survival kit yang berisi gunting, pisau lipat, korek api, kaca, dan sebagainnya. Atau bisa menggunakan pouch dan mengisinya dengan barang serupa.
Bawalah survival kit kemana pun anda pergi. Jika merasa dalam keadaan bahaya, gunakan pisau lipat yang bisa melukai objek yang mengancammu.
Mencari Informasi Tempat yang Dikunjungi dan Jangan Pergi pada Malam Hari
 Jauh sebelum memutuskan untuk pergi ke Labuan Bajo,anda harus mencari informasi mengenai tempat-tempat yang akan dikunjungi. Anda harus mengetahui di mana letak kantor polisi, puskesmas, hingga lokasi wisata yang akan kamu kunjungi dengan detail.
Hindari pula berpergian pada malam hari, apalagi pergi ke wilayah yang sepi. Namun, jika diharuskan untuk pergi pada malam hari, pastikan tempat yang akan anda datangi cukup ramai dengan kemanan yang terjamin.
Selalu Waspada

Di mana pun anda berada, anda harus selalu waspada dengan lingkungan sekeliling. Jangan sembarangan untuk berkenalan dengan orang lain, kecuali warga setempat yang dituakan atau perangkat desa. Kemudian, apabila merasa dalam bahaya dan tidak membawa survival kit, kamu harus berteriak sekencang-kencangnya, serta lari secepatnya.(DMS/kumparan)

No comments:

Post a Comment